Open Talk programstudi Teknik Lingkungan UNEJ

   Interaksi antara Dosen dan Mahasiswa sangat mempengaruhi berjalannya proses pembelajaran maupun nuansa iklim akademik pada suatu lembaga pendidikan. Poin ini sangat penting dan masuk dalam aspek yang dinilai dalam akreditasi programstudi. Dalam meningkatkan interaksi antara dosen dan mahasiswa Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Jember menyelenggarakan “Open Talk” pada tanggal 13 Agustus 2019 bertempat di Auditorium Fakultas Teknik Universitas Jember. Kegiatan dihadiri oleh seluruh Dosen Teknik Lingkungan dan lebih dari 70% mahasiswa angkatan 2018.  

   Kegiatan Open Talk ini salah satunya bertujuan untuk mengkomunikasikan visi dan strategi kedepan yang akan dilakukan dan diprioritaskan oleh Program Studi Teknik Lingkungan  kedepan. Proses akreditasi pertama yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 memerlukan pergerakan seluruh sifitas akademika (dosen dan mahasiswa) yang masif pada seluruh aspek (penelitian, pendidikan,pengabdian dan kemahasiswaan). Dr. Yeny Dhokhikah S.T., M.T selaku ketua program studi (Kaprodi) menghimbau kepada seluruh dosen untuk meningkatkan kinerja penelitian, publikasi, pengabdian dan pendidikan. Khusus untuk mahasiswa dihimbau untuk meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik. Sebagai programstudi baru yang belum memiliki lulusan, memaksimalkan upaya pada aspek-aspek tertentu dalam akreditasi merupakan strategi yang paling tepat. Mahasiswa harapannya juga berperan dalam melakukan publikasi terkait program studi Teknik Lingkungan kedepan di setiap daerah asalnya. Kegiatan-kegiatan mahasiswa Teknik Lingkungan kedepan diharapkan dapat sesegera mungkin dinaungi oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan UNEJ yang akan digagas oleh mahasiswa Teknik Lingkungan UNEJ angkatan 2018.

Pemaparan materi oleh Dr. Yeny Dhokhikah S.T., M.T selaku kepala programstudi teknik lingkungan.

   Dalam kegiatan Open Talk ini juga dibahas terkait perkuliahan kedepan. Untuk mempermudah proses pemilihan matakuliah mahasiswa dengan NIM Ganjil diarahkan untuk mengambil matakuliah kelas A dan mahasiswa dengan NIM genap diarahkan untuk mengambil matakuliah dengan kelas B. Untuk mata kuliah semester  3 yang akan dibuka sesuai dengan kurikulum (dapat dilihat pada laman: http://enviro.teknik.unej.ac.id/kurikulum/). Bagi Mahasiswa yang akan mengambil SKS lebih dari kurikulum dibuka 2 matakuliah semester 5 yaitu Statistik Lingkungan dan Ekonomi Lingkungan. Dalam Open Talk juga dibicarakan terkait beberapa kendala teknis terkait perkuliahan yang belum muncul di sistem seperti matakuliah semester 3 seperti Metode Analisis Pencemar Lingkungan. Beberapa kendalaini telah di tindaklanjuti sebelum Open Talk berlangsung dan dalam proses pengajuan. Kaprodi Teknik Lingkungan juga mendukung bagi mahasiswa yang akan menempuh SKS Maksimal (24 SKS) dengan syarat harus mempertahankan prestasi mereka.

   Acara diakhiri dengan pemberian selamat secara simbolis dari Kaprodi Teknik lingkungan bagi 2 mahasiswa dengan IPK 3,83 sebagai IPK tertinggi  yang diraih Saudari Lintang dan Melani . Sebagai apresiasi atas prestasi akademik yang diraih.

   Kedepan kegiatan open talk serupa akan diagendakan setiap awal semester tepatnya 2 minggu sebelum tanggal persetujuan KRS dengan tujuan melakukan komunikasi antara dosen dan mahasiswa untuk mengevaluasi kegiatan yang lalu dan merencanakan kegiatan kedepan. Bagi mahasiswa yang berdomisili di luar Kabupaten Jember dapat memanfaatkan hari-hari sebelum perkuliahan untuk persiapan perkuliahan, konsultasi dengan dosen pembimbing akademik, dan kegiatan-kegiatan positif lainnya.

mahasiswa peraih IPK tertinggi