Kunjungan Lapang dalam Rangka Menginisiasi MoA antara Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Jember dengan Faculty of Engineering and Built Environment (Faculti Kejuruteraan dan Alam Bina) University Kebangsaan Malaysia

MoU antara Universitas Jember dengan University Kebangsaan Malaysia telah di tanda tangani sejak tahun 2018, ditandai dengan diadakannya studi banding ke Universitas Jember oleh 27 mahasiswa Kolej Tun Hussein On (KTHO) University Kebangsaan Malaysia berserta 5 dosen yang mendampingi pada Januari 2019. Berdasarkan MoU yang telah terjalin antara Universitas Jember dan University Kebangsaan Malaysia, Program Studi Teknik Lingkungan berupaya melanjutkan nota kesepahaman antara kedua universitas menjadi MoA. Program Studi Teknik Lingkungan yang diwakili oleh Kaprodi Dosen Teknik Lingkungan, Dr. Yeny Dhokhikah, S.T.,M.T beserta 3 tim dosen Prodi Teknik Lingkungan mengadakan kunjungan lapang ke Faculty of Engineering and Built Environment (Faculti Kejuruteraan dan Alam Bina) University Kebangsaan Malaysia pada akhir Februari 2019.

Menurut QS Top Universities, QS Global World Ranking University Kebangsaan Malaysia adalah peringkat 184 dengan research output “very high” dan total mahasiswa 16.977. Peringkat tersebut menjadikan University Kebangsaan Malaysia sebagai salah satu universitas yang dapat dijadikan contoh maupun pembanding dalam peningkatan kuantitas maupun kualitas akademik dan non akademik bagi Universitas Jember, khususnya Program Studi Teknik Lingkungan Universitas Jember. Program studi Teknik Lingkungan memiliki beberapa rencana kegiatan yang tertuang dalam MoA dengan Program Chemical Engineering, Faculty of Engineering and Built Environment, University Kebangsaan Malaysia yang sedang disusun, antara lain pertukaran pelajar (student exchange), kerjasama penelitian (joint research) dan in house training oleh salah satu profesor dari Departement of Chemical & Process Engineering.

                Kedatangan Dosen Program Studi Teknik Lingkungan disambut oleh jajaran pimpinan Faculty of Engineering and Built Environment, University Kebangsaan Malaysia. Dalam pertemuan yang diadakan antara Program Studi Teknik Lingkungan dengan Faculty of Engineering and Built Environment, kedua belah pihak memberikan presentasi terkait bidang akademik dan kemungkinan kerjasama antar program studi. Kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi terkait prospek keberlanjutan kerjasama antara kedua belah pihak, baik di tingkat program studi, fakultas maupun tingkat universitas. Pada akhir pertemuan ditutup dengan pertukaran vandel dan cinderamata antara kedua belah pihak.

Setelah melakukan pertemuan di gedung Faculty of Engineering and Built Environment, dosen Program Studi Teknik Lingkungan diajak mengunjungi beberapa laboratorium yang ada di Faculty of Engineering and Built Environment serta berkeliling kampus University Kebangsaan Malaysia. Tim dosen Program Studi Teknik Lingkungan ditemani oleh Prof. Dr. Ir. Siti Rozaimah Sheikh Abdullah dari Departement of Chemical & Process engineering mengunjungi beberapa laboratorium.

Pada kunjungan laboratorium, dosen Program Studi Teknik Lingkungan disambut oleh mahasiswa pascasarjana dan doctoral di Departement of Chemical & Process engineering. Pada kunjungan laboratorium juga dilakukan diskusi terkait beberapa SOP, alat-alat laboratorium dan kinerja laboratorium. Setelah kunjungan laboratorium selesai dilakukan, Dosen Program Studi Teknik Lingkungan dijamu makan siang bersama di Hotel Puri Pujangga yang berada di kawasan University Kebangsaan Malaysia. Setelah sesi makan siang, pertemuan dilanjutkan di ruang dosen Departement of Chemical & Process engineering yang diisi dengan diskusi terkait prospek penelitan dan program doctoral yang bisa diikuti oleh Dosen Teknik Lingkungan yang masih bergelar Magister. Dari seluruh rangkaian kunjungan Program Studi diharapkan banyak kegiatan kerjasama yang dapat terealisasi di masa mendatang.