Dampak Covid-19 terhadap Kualitas Lingkungan di Berbagai Penjuru Dunia

Ditulis oleh : Abdur Rohman, Ph.D (dosen Program Studi Teknik Lingkungan Fakultas Teknik Universitas Jember)

Pandemi Covid-19 sudah berlangsung selama lebih dari 1.5 tahun, dan belum nampak akan mereda dalam waktu dekat.  Pemerintah di berbagai negara menerapkan kebijakan pengetatan aktivitas untuk mencegah kerumunan manusia yang bisa menyebabkan penyebaran virus Corona ini.  Bersama dengan itu, testing (pengujian), tracing (penelurusan kontak), dan vaksinasi pun terus digencarkan.

Tidak diragukan lagi,  pandemi ini telah membawa dampak yang buruk bagi kesehatan fisik dan ekonomi masyarakat di berbagai penjuru dunia. Meski demikian, menarik untuk ditelusuri, apakan pandemi ini berdampak buruk atau berdampak baik bagi lingkungan hidup?

Untuk menjawab pertanyaan ini, tiga orang peneliti dari Italia, yaitu Alessio Facciola, Pasqualina Lagana, dan Gabriella Caruso, telah melakukan investigasi terhadap berbagai laporan penelitian ilmiah dari berbagai penelitian yang terbit di jurnal-jurnal ilmiah terkemuka. Hasil investigasi mereka itu kemudian diterbitkan oleh jurnal terkemuka Environmental Research (yang masuk kategori Q1 bidang Environmental Science pada pemeringkat Scimago)  dalam bentuk artikel ilmiah berjudul The COVID-19 pandemic and its implications on the environment. Artikel ini terbit online tanggal 7 Juli 2021.

Dampak Positif Pandemi Covid-19 terhadap Lingkungan

Berdasarkan berbagai studi yang ditinjau, pandemi Covid-19 ini membawa dampak positif. Di antara dampak – dampak positif itu adalah sebagai berikut.

  1. berkurangnya pembakaran bahan bakar minyak
  2. berkurangnya konsumsi sumber daya dan pembuangan sampah
  3. berkurangnya transportasi dan aktivitas industri
  4. Berkurangnya tekanan pada bidang pariwisata

Dampak Negatif Pandemi Covid-19 terhadap Lingkungan

Selain dampak positif,  pandemi Covid-19 ini juga membawa dampak negatif, di antaranya sebagai berikut.

  1. bertambahnya limbah medis
  2. terjadinya banyak kesalahan pembuangan alat pelindung diri (APD)
  3. bertambahnya produksi sampah perkotaan
  4. berkurangnya aktivitas daur ulang

Referensi

Facciolà, A., Laganà, P. and Caruso, G. (2021) ‘The COVID-19 pandemic and its implications on the environment’, Environmental Research, 201(July). doi: 10.1016/j.envres.2021.111648.