Peresmian Bank Sampah dalam Rangka Diesnatalis Prodi Teknik Lingkungan

Ditulis oleh Margaretha Martogi dan Abdur Rohman

Pada Sabtu (5/11/2022) lalu  Program Studi Teknik Lingkungan di Fakultas Teknik Universitas Jember melaksanakan kegiatan Diesnatalis (hari jadi) kelimanya. Kegiatan diesnatalis tahun ini mengangkat tema Bakti Lingkungan.  Kegiatan utama dalam pelaksanaan kegiatan diesnatalis kali ini adalah peresmian Bank Sampah Teknik Lingkungan Fakultas Teknik.

Peresmian bank sampah Fakultas Teknik

Bank Sampah Teknik Lingkungan ini diresmikan langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Bapak Dr. Ir. Triwahju Hardianto, S.T., M.T. Dalam peresmian tersebut turut hadir pula Wakil Dekan II Fakultas Teknik Ibu Dr. Ir. Dewi Junita Koesoemawati, Ketua Gugus Penjaminan Mutu Fakultas Teknik Dr. Ir. Bambang Sri Kaloko, S.T., M.T., Kaprodi Teknik Lingkungan Ibu Dr. Ir. Yeny Dhokhikah, Ketua Dharma Wanita Fakultas Teknik Ibu Lugiana, dan beberapa orang Ibu dan Bapak Dosen Teknik Lingkungan. Diesnatalis tahun ini juga mengundang Kepala Bank Sampah Induk (BSI) Jember Bapak Ahmad Sugiarto atau yang akrab dipanggil Cak Mat, serta Ibu Renny sebagai perwakilan dari pihak Pegadaian Jember. Pegadaian Jember ikut mendukung program ini karena lembaga ini merupakan mitra Bank Sampah Induk Jember. Para mahasiswa Teknik Lingkungan dari berbagai angkatan turut hadir menyaksikan peresmian ini. Peresmian ini ditandai dengan pemotongan tumpeng atau nasi kuning berbentuk kerucut.

Potong tumpeng sebagai simbol peresmian bank sampah

Dalam sambutannya, Pak Dekan menyatakan bahwa program ini bersejarah karena baru pertama kalinya Fakultas Teknik memiliki bank sampah.  Cak Mat sebagai Kepala Bank Sampah Induk Jember pun mengapresiasi kegiatan ini. Beliau mengatakan “Pelaksanaan Bank Sampah oleh mahasiswa teknik lingkungan ini merupakan gebrakan yang luar biasa. Apalagi kegiatan Bank Sampah ini dilakukan oleh para akademisi sehingga dapat meningkatkan
mutu SDM ke depannya. Sehingga, anak-anak generasi muda dapat mengedukasi masyarakat mengenai permasalahan sampah saat ini dan penanggulangannya.”

Lebih lanjut, Kaprodi Teknik Lingkungan, Ibu Dr. Ir. Yeny Dhokhikah selaku penanggung jawab Bank Sampah Teknik Lingkungan Universitas Jember mengatakan bahwa kegiatan diesnatalis saat ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Ini karena kegiatan yang dilakukan tahun ini berupa kegiatan bakti lingkungan serta peresmian Bank Sampah. Selain itu, ditahun ini juga prodi teknik lingkungan telah meluluskan sebanyak 46 mahasiswa. Ibu Kaprodi juga berharap dengan adanya Bank Sampah ini dapat berlanjut dan mahasiswa diharapkan dapat peka terhadap lingkungan dan mengimplementasikan ilmu yang didapatkan di perkuliahan ke lingkungan sekitarnya. Beliau juga berharap agar lingkungan Fakultas Teknik bebas dari sampah anorganik dan untuk tahun selanjutnya Bank
Sampah ini tidak hanya ada di Fakultas Teknik tetapi juga hingga tingkat Universitas. Beliau
menyatakan bahwa pengurus dari Bank Sampah ini akan mendapatkan pengakuan melalui Surat Keterangan Pendamping Ijazah.

Panitia pelaksana kegiatan ini adalah Himpunan Mahasiswa Teknik Lingkungan (HMTL) Universitas Jember.  Ketua HMTL Yoga Tri Riyantono dalam sambutannya berterima kasih kepada berbagai pihak yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Ketua Pelaksana Diesnatalis Rio Bagus Febrian menjelaskan kekhasan acara diesnatalis tahun ini. “Kegiatan diesnatalis ke-5 ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan dilaksanakan secara offline. Pada diesnat tahun ini (kami) mengusung tema mengenai Bakti Lingkungan dan melibatkan seluruh mahasiswa aktif dari prodi Teknik Lingkungan. Selain itu, kegiatan tahun ini juga dilakukan peresmian Bank Sampah milik Prodi Teknik Lingkungan,” ujar Rio. 

Pelibatan keseluruhan civitas akademik dari teknik lingkungan membuat kegiatan ini semakin menarik. Harapan Rio selaku ketua panitia diesnatalis tahun ini ke diesnatalis tahun selanjutnya menjadi semakin meriah dan lebih baik dari tahun ini. Selain itu, penyediaan Bank Sampah ini dapat menarik minat mahasiswa serta civitas akdemik lainnya untuk mengumpulkan sampah ke Bank Sampah serta menerapkan cinta lingkungan.

Para mahasiswa membuat ecobrick

Setelah acara peresmian Bank Sampah tersebut, para mahasiswa kemudian mengadakan pengumpulan sampah di lingkungan Fakultas Teknik. Setelah itu, para mahasiswa mengadakan kegiatan daur ulang sampah menjadi ecobrick.

Posted on: November 6, 2022, by :