Kuliah Tamu : Peran Insinyur Dalam Kemajuan Pertambangan dan Kelestarian Lingkungan di Era Industri 4.0

     Kegiatan kuliah tamu yang di isi oleh Ir.Risono, S.T. (Presiden Direktur PT. Gag Nikel) dengan tema Peran Insinyur Dalam Kemajuan Pertambangan dan Kelestarian Lingkungan di Era Industri 4.0. Kegiatan diperuntukan untuk program studi Teknik Lingkungan 2018 dan Teknik Pertambangan 2019, Fakultas Teknik, Universitas Jember. Kegiatan dilaksanakan pada Senin,23 September 2019 yang bertempat di Auditorium Fakultas Teknik,Universitas Jember.

     Pada awal kegiatan, dibuka dengan pemaparan susunan acara oleh MC dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya . Selanjutnya  sambutan dari Kaprodi Teknik Pertambangan,Fakultas Teknik,Universitas Jember dan dilanjut dengan  sambutan dari ibu Entin Hidayah, S.T.,M.T. Dekan Fakultas Teknik,Universitas Jember. Setelah kegiatan sambutan dilanjutkan dengan kegiatan pengantar awal untuk memperkenalkan cv pemateri oleh moderator.

     Materi pertama berisi pengantar yang menjelaskan mengenai prodi lingkungan dan prodi pertambangan. Pemateri menjelaskan bahwa tidak banyak yang tau jika lingkungan itu bisa bekerja di pertambangan. Lingkungan dan pertambangan itu bisa bekerja sama dengan baik. Tidak menutup kemungkinan mahasiswa lingkungan ikut serta dalam pertambangan. Jurusan lingkungan saat ini banyak dibutuhkan di berbagai bidang pekerjaan,khususnya petambangan untuk mengawasi jalannya pertambangan yang sesuai dengan peraturan yang ada.

     Materi kedua menjelaskan tentang pertambangan yang ada di Raja Ampat,khususnya PT. Gag Nikel. Ir.Risono, S.T. menjelaskan bahwa pertambangan itu tidak seperti yang difikirkan oleh orang awam yang beranggapan bahwa pertambangan itu merusak lingkungan. Bapak Risono membantah pemikiran itu,Justru pertambangan  itu bermanfaat bagi lingkungan jika dilakukan dengan mengikuti peraturan yang berlaku. Memang banyak sekali pertambangan yang merusak lingkungan,membuat lobang besar menganga,dan membuat udara tercemar. Tetapi itu dilakukan oleh pertambangan ilegal yang tidak mengikuti peraturan yang ada. Bapak Risono berkeinginan merubah cara orang berfikir tentang merusaknya pertambangan bagi lingkungan. Untuk itu beliau sangat senang jika di undang pada acara kuliah tamu seperti ini. Diharapkan anak anak milenial mengubah pemikiran orang yang beranggapan bahwa pertambangan itu merusak lingkungan.

Kegiatan kuliah tamu oleh Ir.Risono, S.T. (Presiden Direktur PT. Gag Nikel).
Kuliah tamu untuk mahasiswa Teknik Lingkungan 2018 dan Teknik Pertambangan 2019

     Bapak Ir.Risono, S.T. memperlihatkan beberapa video pertambangan yang baik dan sesuai peraturan yang ada. Pertambangan yang baik,sebaiknya setelah di galih,harus ditimbun lagi dan menjadi media penanaman. Bapak Risono juga menjelaskan bahwa lahan bekas pertambangan dapat di jadikan objek wisata.

     Bapak risono menjelaskan bahwa di kepribadian kita harus ditanamkan leadership sejak dini. Tanpa leadership,sama saja tidak memiliki konsep.” Kepemimpinan dan jabatan adalah amanah bukan obsesi. Jadi, jabatan harus datang dari tuhan” (Risono).

     Sebelum kegiatan akhir dan penutupan ada sesi tanya jawab. Sesi pertama, dua penanya dan sesi kedua ,satu penanya. Setelah sesi tanya jawab berlangsung, selanjutnya pembagian hadiah bagi 3 orang penanya serta 2 mahasiswa yang mengirim komentar terpilih di instagram PT.Gag Nikel. Hadiah yang diberikan berupa logam mulia ANTAM, serta pemberian hadian buku bagi mahasiswa yang  tidak terpilih komentarnya,tetapi mengirim komentar di instagram PT. Gag Nikel serta pemberian buku untuk dosen. Selanjutnya sebelum penutupan,ada sesi foto bersama oleh Bapak Ir. Risono, S.T.  dan setelah sesi foto bersama,acara ditutup oleh MC.

“ TOMORROW IS TODAY “

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *