Workshop Visi Misi dan Kurikulum Program Studi Teknik Lingkungan, Gandeng Pemangku Kepentingan Eksternal di Wilayah Eks Karesidenan Besuki

Visi sebagai kompas penunjuk arah perjalanan organisasi merupakan hal penting yang tidak dapat disepelekan. Pada hari Selasa 17 Juli 2018 program studi S1 Teknik Lingkungan Universitas Jember (UNEJ) menggelar workshop visi, misi dan kurikulum dengan tema “Pengelolaan Lingkungan pada Sektor Agro Industri, Pariwisata dan Pertambangan” yang bertempat di Auditorium Fakultas Teknik Universitas Jember. Acara ini mengundang Ir. Eddy Setiadi Soedjono Dipil.SE.M.Sc, Ph.D selaku dosen Departemen Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, sekaligus asesor BANPT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi) dan Dr. Elmi Sumiyarsono, ST,.MT selaku perwakilan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Timur. Workshop ini dihadiri berbagai pemangku kepentingan eksternal di wilayah eks Karesidenan Besuki meliputi lembaga pemerintahan, Perusahaan Daerah maupun swasta. Keterlibatan pihak internal UNEJ yang merupakan perwakilan dari berbagai Fakultas di lingkup Universitas Jember turut mengawal dan membidik berbagai kemungkinan kolaborasi dengan program studi S1 Teknik Lingkungan UNEJ dalam bidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian kepada masyarakat.

 

Acara dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Teknik Dr. Ir Entin Hidayah,M.UM. Dalam sambutannya Dekan Fakultas Teknik benar-benar berharap pemangku kepentingan eksternal maupun internal dapat saling berkolaborasi dalam pengembangan program studi S1 Teknik Lingkungan UNEJ. Dalam memperkenalkan profil dan cakupan kurikulum yang ada dalam program studi Teknik Lingkungan UNEJ,  Dr. Yeny Dhokhikah, S.T., M.T. selaku ketua program studi memaparkan dengan sangat jelas arah dan ruang gerak program studi Teknik Lingkungan UNEJ kedepannya dalam bentuk Visi dan kurikulum yang direncanakan.

Untuk menyatukan presepsi audiens terhadap diskusi dan tanya jawab pada inti acara,  Ir. Eddy Setiadi Soedjono Dipil.SE.M.Sc, Ph.D memaparkan terkait posisi pemangku kepentingan eksternal dan internal dalam pengembangan program studi Teknik Lingkungan UNEJ. Dalam pemaparannya Eddy Setiadi Soedjono menyatakan pentingnya pemangku eksternal dalam memberikan masukan baik berupa update kebutuhan kopetensi lulusan saat ini, permasalahan dan tantangan sebagai bahan dalam pengembangan kurikulum program studi Teknik Lingkungan. Kolaborasi internal antar programstudi di Universitas Jember baik berupa sharing fasilitas maupun kolaborasi dibidang pendidikan, penelitian maupun pengabdian masyarakat  dapat mendukung program studi dalam mencapai visi yang dituju maupun mencapai akreditasi sempurna.

Isu strategis terkait kondisi pengelolaan lingkungan pada sektor Agroindustri, Pariwisata dan Pertambangan di Jawa Timur dipaparkan oleh Dr. Elmi Sumiyarsono, ST,.MT. Saat ini pengawasan yang dilakukan DLH Provinsi Jawatimur mencakup pengawasan langsung sebanyak 125 usaha/kegiatan, pengawasan tidak langsung pada 200 usaha/kegiatan, dan Pembinaan pengawasan pencemaran lingkungan industri/kegiatan usaha di Jawa Timur. Jenis Industri yang diawasi saat ini mencakup Agroindustri, Manufaktur, Prasarana, Jasa, Tambang, Energi, dan Migas. Elmi Sumiyarsono menyimpulkan Terjadi Trend penurunan Indeks Kualitas Lingkungan Hidup Prov. Jatim, penyebab utamanya adalah menurunnya Indeks Kualitas Udara dan  Indeks Kualitas Air. Tingginya kegiatan/ usaha target pengendalian dan pengawasan belum ditunjang dengan jumlah tenaga fungsional pengendali dan pengawas yang memadai, sehingga diharapkan lulusan program studi Teknik Lingkungan Universitas Jember nantinya dapat ikut berperan.

Dalam sesi diskusi, berbagai masukan dari pemangku kepentingan eksternal baik berupa gambaran permasalahan umum yang ada di bidang Teknik Lingkungan hingga muatan rinci pada materi perkuliahan yang berpengaruh dengan kopetensi lulusan. Terbatasnya waktu tentu tidak dapat di hindari, untuk menampung aspirasi dari berbagai pemangku kepentingan di akhir acara terdapat selembar kuesioner sebagai salah satu media pendukung dalam melakukan penyempurnaan visi dan kurikulum program Studi Teknik Lingkungan Universitas Jember.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *