Focus Group Discussion (FGD) “Penyempurnaan Kurikulum dan Persiapan Akreditasi” Langkah Awal Program Studi Teknik Lingkungan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Jember

Jember 16 Juli 2016

Program Studi Strata 1 (S1) Teknik Lingkungan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Jember (UNEJ) merupakan program studi baru yang telah disahkan berdasarkan Keputusan Mentri Riset, Teknologi, dan pendidikan tinggi Republik Indonesia Nomor 646/KPT/I/2017. Dalam mengawali tahun pertama operasional, program studi S1 Teknik Lingkungan UNEJ berusaha mempersiapkan manajemen dan mutu pendidikan dengan melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Penyempurnaan Kurikulum  dan Persiapan Akreditasi” pada tanggal 16 Juli 2018. Acara ini mengundang Ir. Eddy Setiadi Soedjono Dipil.SE.M.Sc, Ph.D selaku dosen Departemen Teknik Lingkungan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, sekaligus asesor BANPT (Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi). Acara FGD ini dihadiri seluruh dosen program studi S1 Teknik Lingkungan dan perwakilan pimpinan (Wakil Dekan 2) Fakultas Teknik UNEJ.

Dalam acara ini Ir. Eddy Setiadi Soedjono Dipil.SE.M.Sc, Ph.D menjelaskan pentingnya Program Studi Teknik Lingkungan UNEJ memiliki ciri khas khusus di antara program studi Teknik Lingkungan lain di Indonesia dalam pengembangan kurikulum yang ada. Ciri khas ini nantinya akan mewarnai studi kasus yang digunakan dalam pembelajaran dan penelitian dosen  tanpa mengubah dasar kopetensi lulusan sarjana Teknik Lingkungan. Dalam pengembangan kurikulum juga sangat diperlukan keterlibatan pemangku kepentingan eksternal  dan internal.

Pada Tahun 2019 program studi S1 Teknik Lingkungan UNEJ harus mengajukan proses akreditasi yang pertama. Dalam mempersiapkan hasil terbaik Ir. Eddy Setiadi Soedjono Dipil.SE.M.Sc, Ph.D menyarankan perlu adanya manajemen yang tertata dan terdokumentasi mulai dari proses penyusunan visi dan misi, kurikulum, dokumen rencana strategis program studi dan kualitas iklim akademik (pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat). Dr. Yeny Dhokhikah, S.T., M.T. selaku ketua program studi  S1 Teknik Lingkungan UNEJ menyatakan siap menahkodai program studi S1 Teknik Lingkungan dalam mewujudkan kualitas pendidikan terbaik dan pengembangan keilmuan Teknik Lingkungan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *